Kiat Bagaimana Memilih Mobil Keluarga

Memiliki mobil keluarga adalah keinginan dan impian bagi semua keluarga. Mobil keluarga atau sering disebut MPV (kendaraan serba guna) masih mendominasi pilihan orang di Indonesia sampai sekarang, disbanding dengan mobil jenis lainnya seperti mobil besar seperti Elf yang biasanya dilakukan dengan cara Sewa elf tersebut. 

Membeli mobil itu tidak mudah. Ada beberapa hal untuk dipertimbangkan dengan teliti dan matang  dalam mengambil keputusannya. Jadi bagaimana Anda memilih mobil keluarga yang memenuhi kebutuhan keluarga Anda? Berikut beberapa tips sebelum memutuskan untuk membeli mobil:

1. Kapasitas penumpang

Jumlah tempat atau ruang mobil merupakan pertimbangan terpenting ketika memilih mobil keluarga. Mobil keluarga harus mampu mengakomodasi seluruh keluarga. Pertimbangkan juga kursi tambahan, misalnya, untuk profesional perawatan kesehatan atau penyedia perawatan di rumah, jika Anda perlu mengundang mereka dalam perjalanan keluarga.

2. Tentukan kapasitas mesin mobil

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah menentukan kapasitas mesin. Kapasitas mesin umumnya dinyatakan dalam ukuran silinder mesin, misalnya 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dll. Semakin banyak kapasitas mesin (semakin tinggi jumlah cc), semakin banyak daya yang dapat dihasilkan kendaraan.

3. Pertimbangkan sistem transmisi

Secara umum, ada dua jenis sistem transmisi yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Ini memungkinkan Anda memilih jenis mobil yang sedikit lebih mahal, tetapi lebih mudah digunakan untuk transmisi otomatis atau memilih transmisi manual yang lebih murah dan lebih mudah dirawat.

4. Ketahui konsumsi bahan bakar

Biaya bahan bakar adalah masalah utama pengeluaran dalam anggaran operasional kendaraan. Langkah-langkah untuk mengurangi  biaya ini dengan mengetahui jarak tempuh mobil yang ideal per liter konsumsi bahan bakar.

5. Perhatikan fitur keamanan

Hal terpenting dalam mobil keluarga harus memiliki fitur keamanan yang memadai. Seperti sabuk pengaman yang ditemukan di semua kursi penumpang. Selain itu, panel pintu dan jendela harus memiliki sistem penguncian otomatis, agar lebih aman bagi anak-anak.

6. Perhatikan kenyamanan

Kenyamanan mobil sangat penting bagi seluruh keluarga. Misalnya, anak-anak dan orang tua cenderung cepat lelah, terutama ketika bepergian jarak jauh dengan mobil.

7. Pertimbangkan ketersediaan layanan purna jual

Layanan purna jual adalah layanan yang produsen berikan kepada konsumen setelah mereka melakukan transaksi penjualan untuk memastikan kualitas produk yang mereka berikan. Ketersediaan layanan purnajual akan sangat bermanfaat dan akan memudahkan memperoleh beberapa keuntungan, seperti layanan formal, suku cadang asli, dan klaim garansi.

8. Perhitungan biaya perawatan

Anda harus mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang menarik minat Anda dengan mobil sejenis lainnya. Pada dasarnya, semakin canggih teknologi yang digunakan dalam kendaraan, semakin besar biaya perawatan dan harga komponen.

9. Pertimbangkan nilai jual mobil

Mobil dengan harga yang kira-kira sama mungkin memiliki harga jual kembali yang berbeda atau harga jual bekas. Ini karena ada perbedaan tingkat permintaan di pasar mobil bekas. Menurut hukum penawaran dan permintaan, mobil bekas permintaan tinggi memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.

10. Mengatur keinginan dengan kemampuan finansial

Pada dasarnya, semua orang seharusnya menginginkan mobil keluarga yang benar dan sempurna. Pilih mobil dengan harga yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda saat ini. Mobil itu mungkin sebanding dengan nilai nominal rumah, tetapi jika Anda melihatnya, pasti akan turun nilainya seiring waktu.

Jangan membeli mobil karena hanya memberikan kemewahan dan prestise, tetapi belilah mobil yang paling Anda butuhkan, berdasarkan keahlian keuangan Anda.

11. Lakukan tes mengemudi

Anda tidak dapat membayangkan semua karakteristik mobil dari cerita orang atau dari informasi di brosur. Untuk memastikan mobil Anda memenuhi kriteria Anda, cobalah mengendarainya sendiri. Undanglah anggota keluarga Anda untuk menguji mobil yang Anda pedulikan, untuk memastikan mereka juga menyukainya.

Demikian kiat memilih mobil yang baik buat keluarga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *