Proses Pembuatan dan Kelebihan Kain Satin

Kain satin: Istilah satin adalah kain yabg terbuat dari bahan satin. Kain satin ini merupakan kain yang sering digunakan di dunia mode untuk menjadi salah satu pakaian yang telah menjadi merek terkenal. Kain satin ini memiliki keunikan tersendiri. Tekstur permukaan kain satin ini sangat halus, lembut dan mengkilap. Jadi saat digunakan sebagai pakaian, tampilannya menarik dan nyaman dikenakan.

Sebelum Anda tahu lebih banyak tentang satin, Anda harus tahu setidaknya sebelumnya. Apa itu satin? Kain ini tidak termasuk dalam jenis fiber atau jenis serat. Satin itu sendiri adalah metode membuat kain, yang merupakan proses menenun, yaitu teknik satin. Sekarang teknologi ini akhirnya membuat kainnya cerah dan menarik.

Sedangkan untuk kain yang satu ini, ia memiliki proses manufaktur yang membuat kain lebih cerah. Bagaimana prosesnya mari kita lihat yang berikut ini.

Proses pembuatan kain satin.

Setelah sedikit yang dijelaskan di awal pembukaan sebelumnya. Proses pembuatan kain satin ini dilakukan dengan menggunakan metode ” Satin Weave” atau teknik tenun kain satin. Metode ini adalah teknik khusus yang digunakan seniman tekstil kain untuk membuat tekstur kain ini, sehingga terlihat lebih cerah. Bagaimana cara membuat benang tampak lebih bercahaya?

Caranya adalah dengan membentuk dua garis yang bersinggungan untuk menentukan arah jaringan benang. Dari metode ini istilah warp and weft muncul, atau mereka dikenal sebagai untaian weft dan wicking. Benang sengaja diperluas untuk menciptakan pola lebar yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan selama proses pembuatan kain.

Proses menenun standar akan membentuk satu jalur benang weft dan satu jalur benang warp memutar ke atas dan ke bawah. Dalam proses menenun dilakukan secara vertikal, naik dan turun. Dengan melibatkan empat atau lebih benang warp untuk dibuat melompat satu benang weft.. Hal itulah yang membuat kain satin nampak glossy.

Kelebihan Kain Satin

Kelebihan kain satin adalah penampilan. Karena Anda bisa tahu sendiri bahwa tampilan kain satin ini terlihat mewah dan elegan dengan benang yang Anda gunakan. Banyak orang berpakaian untuk acara-acara resmi dengan pakaian satin ini, karena akan terlihat elegan dan modern.

Juga berkaitan dengan sifat-sifat kain satin. Permukaan yang mengkilap dan licin adalah yang membedakan kain satin dari banyak kain lain, seperti kain sutra atau jenis kain lainnya.

Berkat keunggulan kain satin ini, ia memiliki permukaan yang lembut di bagian atas dan bawah yang terlihat kasar dan berbintik-bintik.

Bahkan dari permukaan, satinnya juga sangat cerah. Sehingga, dari kejauhan, setiap “tampilan” terlihat elegan dan indah. Selain itu, elastisitas kain satin ini telah sangat terbukti. Cocok dan nyaman dipakai pakaian longgar. Namun, saat menjahit kain ini, Anda harus sangat berhati-hati, karena mengandung serat tipis dan halus.

Perawatan yang perlu dilakukan adalah mencuci dan menyetrika. Mencuci juga tidak diperbolehkan di mesin cuci. Ini harus dilakukan secara manual, karena kain ini seluruhnya terbuat dari sutra. Bahkan menyetrika pakaian ini membutuhkan ketelitian. Setrika harus dikonfigurasi untuk digunakan sebagai sutra.Ditinjau dari karakteristik kain satin pun juga demikian. Memiliki permukaan yang mengkilap dan licin inilah yang membedakan kain satin dengan beberapa kain yang lain seperti halnya kain sutra, ataupun jenis kain yang lain.

Karena keunggulan dari kain satin ini memiliki satu permukaan yang licin saja di bagian atas dan bagian bawah yang nampak kasar dan bintik – bintik.

Tampak dari permukaannya pun, kain satin juga sangat mengkilap. Sehingga dari kejauhan pun akan terlihat elegan dan menawan. Tak hanya itu saja, fleksibilitas dari kain satin ini juga sangat teruji. Cocok dan nyaman untuk digunakan sebagai bahan pakaian yang longgar. Akan tetapi, ketika menjahit kain ini harus sangat berhati – hati, karena memiliki serat yang tipis dan lembut.

Untuk perawatan yang harus dilakukan, adalah dengan mencuci dan menyetrika. Mencucinya pun tidak boleh menggunakan mesin cuci. Harus dengan tangan manual, karena bahan dasar kain ini terbuat dari sutra sepenuhnya. Untuk menyetrika baju dari jenis ini pun juga memerlukan ketelitian. Anda harus men set setrika untuk digunakan pada kain satin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *